Kamis, 16 Juli 2020

Yuk Berkenalan Dengan Laptop! -- Bag.1 Memilih Layar

Sebelum memilih laptop, sebaiknya kenalan dulu yuk dengan komponen laptop! Salah satu komponen penting yang harus kita perhatikan saat memilih laptop adalah layar. Kualitas layar akan menentukan tingkat kenyamanan visual kamu yang nantinya akan menunjang produktivitas. Berikut adalah beberapa hal yang harus kamu ketahui saat akan memilih kualitas suatu layar :


1. Resolusi Layar

Suatu panel display dibangun oleh serangkaian titik yang akan menentukan kualitas dari suatu gambar yang dihasilkan oleh layar. Serangkaian titik ini disebut dengan piksel. Semakin banyak piksel pada layar, semakin jernih gambar yang akan dihasilkan. ecara umum, terdapat empat jenis resolusi layar sebagai berikut:

1. HD (1280 x 720) ..................................... High Definition

2. FHD / Full HD (1920 x 1080) .................. Full High Definition

3. QHD / Quad HD / 2K (2560 x 1440) ....... Quad High Definition

4. UHD / Ultra HD / 4K (3840 x 2160) ......... Ultra High Definition

Secara umum, laptop menggunakan resolusi HD. Namun, resolusi ini akan menampilkan konten yang tergolong sedikit apabila dibandingkan dengan FHD. Dengan demikian, sebaiknya kamu memilih laptop dengan resolusi FHD. Resolusi ini dapat mendukung banyak keperluanmu, seperti menampilkan sebanyak 10 baris teks tambahan di halaman web, email atau dokumen yang sedang di edit. Selain itu, kamu juga bisa memasukkan dua jendela ukuran penuh di samping satu sama lain dengan 1920 piksel horizontal. Gambar yang dihasilkan dari resolusi ini juga akan jauh lebih jelas dan tajam, sehingga memungkinkan untuk melihat detail gambar. Salah satu laptop yang sudah menggunakan layar Full HD adalah ASUS S14 S433.


Layar Full HD ASUS S14 S433

2. Kecerahan

Hal lain yang akan menunjang kenyamanan visual kamu adalah kecerahan layar. Panel yang lebih cerah akan mempertegas gambar yang dihasilkan serta meluaskan sudut pandang kamu. Hal yang menjadi penentu kecerahan layar adalah nilai nits. Layar laptop paling terang memiliki nilai nits sebesar 300 nits atau lebih. Namun, laptop dengan nilai nits diatas 250 dirasa sudah cukup.


3. Kualitas Warna

Semakin banyak warna yang dimiliki oleh panel layar, semakin tegas dan jelas tampilannya. Laptop memiliki kemampuan berbeda untuk memproduksi warna di gamutsRGB. Laptop  dengan kemampuan terbaik dapat memproduksi lebih dari 95 persen gamut sRGB, dan banyak yang melebihi 100 persen. Cara termudah untuk mengetahui kualitas warna suatu laptop adalah dengan menentukan adanya label IPS pada laptop. Layar IPS (In-plane switching) adalah teknologi yang didesain untuk mengatasi keterbatasan utama pada sudut pandang yang terdapat pada teknologi layar twisted nematic (TN). Layar IPS mampu menghasilkan warna yang jauh lebih baik dan tajam, memiliki nilai kontras yang lebih baik, dan sudut pandang yang lebih baik. Untuk kamu yang menginginkan laptop dengan layar IPS dan 100% gamut sRGB, laptop ASUS S14 S433 dapat menjadi laptop pilihanmu.


Layar IPS ASUS S14 S433

4. Ukuran Layar

Bagi sebagian orang, ukuran layar adalah salah satu hal yang wajib dipertimbangkan saat memilih laptop. Bagi pecinta film atau gamer, ukuran layar yang lebih besar akan memberikan kepuasan visual yang lebih baik juga. Biasanya laptop dengan ukuran layar 14 inch akan memberikan pengalaman visual yang lebih nyaman. Selain itu, ukuran bazel pada laptop juga berdampak pada nilai screen body ratio. Sebaiknya pilihlah laptop yang memiliki bazel berukuran tipis. Untuk kamu yang mendambakan laptop berukuran 14 inch dengan bazel tipis, ASUS S14 S433 adalah jawabannya.


ASUS S14 S433 Layar 14 inch dengan bazel tipis

Dari beberapa hal diatas, yang harus kamu garis bawahi adalah resolusi layar Full HD (1920 x 1080), memiliki bazel tipis, dan layar IPS seperti yang ditawarkan oleh ASUS S14 S433. Good luck!



Sumber:

https://www.murdockcruz.com/2017/08/07/panduan-memilih-layar-yang-baik-pada-laptop/#.XxBXWH4xWpp

https://ruanglaptop.com/penjelasan-berbagai-resolusi-layar/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar